Sunday, July 13, 2014

Belajar Tata Bahasa Arab #1: Perbedaan Nahwu dan Sharf

[caption id="attachment_864" align="alignleft" width="300"]bahasa arab pemula Gambar saya ambil dari Wikipedia[/caption]

Kita memulai pelajaran  "Tata Bahasa Arab".  Namun, sebelum kita memulai pelajaran “Belajar Bahasa Arab Online Gratis dengan Muntaha Afandi,” maka terlebih dahulu kita harus mengetahui objek kajian dua disiplin ilmu dalam belajar Bahasa Arab, yaitu: Perbedaan Nahwu dan Sharf.

Adalah nahwu (grammar, tata bahasa) ilmu yang mempelajari akhir kalimat dalam bahasa arab, baik dari segi mu’rab maupun mabni. Perubahan-perubahan dimaksud adalah perubahan harakat akhir dari kalimat Bahasa Arab tersebut, yang terpengaruh oleh amil, bukan perubahan kalimat dari satu bentuk ke bentuk yang lain, misal qaama-yaquumu (قَامَ-يَقُوْمُ) karena perubahan ini bukan merupakan objek kajian dari ilmu nahwu melainkan ilmu sharf (derivasi).

Maka, kita sudah tahu perbedaan kedua ilmu tersebut: (1) Nahwu mengkaji perubahan akhir kalimat bahasa Arab, sedangkan (2) Sharf ilmu yang mengkaji perubahan bentuk kata itu sendiri.

Maka dari itu, ilmu nahwu dan sharf memiliki objek masing-masing dari tiga kalimat dalam bahasa Arab (isim-fi’il-harf).

Mungkin dari pembaca merupakan bejalar bahasa arab pemula, maka saya rasa perlu untuk menyebutkan objek masing-masing dari ilmu nahwu dan sharf

Objek Nahwu # 1: al-I’rab

Seperti telah kita ketahui di atas bahwa ilmu nahwu mengkaji perubahan akhir kalimat dalam bahasa arab, maka ia memiliki dua objek, mu’rab dan mabni. Nah, kita sekarang membedah objek pertama dari ilmu nahwu ini:

Pertama,I’rab dalam bahasa arab berada di mayoritas kalimat isim (mu’dham al-asma). Definisi I’rab itu sendiri adalah perubahan di akhir kalimat atas tuntutan amilnya. Tidak ada perubahan secara “mandiri”, berubah sendiri tanpa sebab.

kalimat yang mu’rab kebanyakan berada di mayoritas kalimat isim (mu’dzam al-asma)— pembagian kalimat ada tiga, dan definisi serta karakter masing-masing, nanti ada pada materi khusus, saya sengaja membuat tiap tema dalam satu materi agar lebih mudah dan terarah – dan fi’il mudlari.

Sedangkan, i’rab yang masuk pada kalimat isim adalah rafa’, nasab, dan jar. Adapaun kalimat fi’il (mudlari) menerima I’rab rafa, nasab, dan jazm. Namun, perlu digaris bawahi bahwa fi’il mudlari yang mu’rab adalah fi’il mudlari yang tidak bertemu dengan nun taukid dan nun niswah.

Objek Nahwu # 2: al-Bina

Nah, sekarang kita ke objek kedua dari ilmu nahwu, al-bina. Objek kedua ini memiliki dua jenis: pertama, al-‘aaridl. Maksudnya mabni yang baru terjadi karena ada penyebabnya. Ia berada di sebagian kalimat isim dan fi’il mudlari’ yang bertemu dengan nun niswah dan / atau nun taukid.

Kedua, laazim, yaitu mabni yang tetap. Dalam artian sejak awal kalimat tersebut sudah mabni. Ia berada di semua kalimat al-harf, fi’il madli, fi’il amr, dan sebagian (kecil) kalimat isim.

tata bahasa arab pemula

Objek Ilm al-Sharf

Sekarang kita masuk pada objek ilmu al-sharf (morfologi), yaitu cabang ilmu yang mempelajari derivasi kalimat. Itu sederhanya.

Objek ilmu al-sharf, bila dibandingkan dengan ilmu al-nahwu, lebih ringkas, yaitu pada kalimat fi’il yang di-tashrif (yang memiliki derivasi) dan kalimat isim yang menerima i’rab.

Ini materi pertama saya, saya harap, bagi Anda yang baru memulai belajar tata Bahasa Arab: Perbedaan Nahwu dan Shorf beserta masing-masing objeknya ini harus dihafal, minimal diingat, agar kita lebih mudah mempelajari materi-materi berikutnya.

Belajar Tata Bahasa Arab PemulainsyaAllah, jika sudah memiliki waktu senggang, saya akan membuatkan videonya. Sekarang belum sempat karena tulisan ini saya buat di dalam kereta trem, dari Tunis ke Manouba, kampus saya. Tidak mungkinlah membuat video tutorial di dalam kereta. Dari pada saya jadi objek tontonan, mending untuk sementara artikel ini saja dulu, ada pun video belajar Bahasa arab untuk tema kita “Belajar Tata Bahasa Arab #1: Perbedaan Nahwu dan Sharf,”insyaAllah menyusul.

Sering silaturrahmi ke kursus bahasa arab online saya ini, agar tidak ketinggalan materi yang akan selalu saya up date, dan silahkan bertanya di komentar bila ada yang perlu ditanyakan.



Update! Berikut video penjelasan materi ini





EmoticonEmoticon